HNISukses.com – Apa Kabar sobat Sukses ? Mudah-mudahan selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam setiap usaha atau ikhtiar yang sedang Anda jalani sekarang ini.

Memiliki sebuah bisnis yang bagus, besar dan menguntungkan pasti  idaman semua orang. Namun, kenapa hanya sedikit orang yang bisa mencapainya ?

Salah Strategi-kah ? Salah Konsep-kah? Atau Salahnya nasib ? Hehe…ada banyak kemungkinan dan semuanya itu bisa saja terjadi.

Namun, seringkali kita termakan oleh aturan ‘sesat’  bahwa untuk memiliki bisnis besar memerlukan juga modal finansial yang besar yang bisa digunakan untuk menyewa atau membuat kantor yang besar, memperkerjakan banyak orang atau sebagai cadangan agar bisnis bisa bersaing.

Namun, ternyata aturan ‘sesat’ diatas tadi memang benar-benar sesat adanya, haha…

Faktanya, banyak milyader-milyader yang kita kenal pada  awal berbisnisnya hanya memiliki sedikit  modal finansial dan atau malah cenderung tidak memiliki modal sedikitpun.

Nama-nama seperti  Bill Gates dengan Microsoft-nya, Mark Zuckerberg dengan Facebook-nya, Larry Page dan Sergey Brin dengan googlenya adalah sederet contoh Milyader yang memulai usaha dengan modal pas-pasan.

Jadi sebenarnya apa ya kira-kira modal yang paling utama untuk membesarkan bisnis Sobat Sukses agar bisnis yang digeluti Sobat Sukses dapat berkembang dan besar. Ini jawabannya.

Motivator Chandra Putra Negara membagikan rumusannya Modal apa yang paling utama dalam sebuah bisnis agar menjadi besar.

Rumus ini beliau terapkan dan terbukti manjur dalam membesarkan bisnisnya hingga ber-omzet milyaran rupiah per bulannya. Berikut modal yang perlu kita punya diurut berdasarkan prioritasnya.

  1. Memiliki Keberanian

Modal pertama yang harus kita punya dalam memulai suatu usaha adalah keberanian. Modal keberanian mutlak diperlukan dalam memulai usaha dan mengembangkan usaha.

Cara mengambil keputusan-keputusan usaha akan sangat tergantung dari seberapa besar keberanian kita dalam usaha tersebut.

  1. Penguasaan Teknologi

Modal kedua yang perlu dipunyai Sobat Sukses dalam merintis bisnis adalah penguasaan teknologi terkini. Dalam hal ini, dunia digital sekarang ini menjadi sangat penting dalam dunia usaha. Informasi yang kian cepat sejak adanya teknologi digital mampu juga mempercepat pertumbuhan usaha asal mampu dan menguasai kegunaanya.

  1. Mengenal Produknya Sendiri

Modal ketiga dalam meningkatkan usaha Sobat Sukses adalah dengan memahami produk kita sendiri. Bagaimana seorang pengusaha mampu menjual produknya dengan baik jika kurang memahami produknya sendiri.

Tidak jarang pebisnis baru gagal diawal-awal  usaha karena kurang memahami produknya sendiri. Contoh real dari Kurang memahami produknya sendiri adalah salahnya menerapkan strategi marketing sehingga produk menjadi tidak laku.

  1. Memiliki Jalur Distribusi

Jalur Distribusi akan memastikan produk Sobat Sukses sampai ke tangan konsumen dengan baik. Tanpa memiliki jalur distribusi, sebuah bisnis akan dibayang-bayangi kegagalan dalam penjualan. Karena jantungnya sebuah bisnis adalah terserapnya produk dengan baik.

  1. Memiliki Supplier Base

Dalam tahap ini, kita harus memastikan bahwa produk apapun yang kita ciptakan harus memiliki ketersedian supplier agar produk dapat terus dibuat. Kita harus memiliki cukup data Supplier agar tidak kekosongan produk sedikitpun. Pastikan juga pada rantai Suplier ini dapat menjamin produksi dalam tingkat apapun.

  1. Memiliki Customer Base

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang memiliki pelanggan. Tanpa pelanggan, bisnis akan redup dan kemudian mati. Oleh karena itu, pebisnis yang baik akan akan mempertahankan pelanggan secara mati-matian. Apalagi era digital saat ini dimana seorang pelanggan akan bebas menentukan dan menemukan secara cepat produsen-produsen dengan bantuan digital.

  1. Memiliki Kantor

Bagi bisnis yang beranjak besar dan sudah memiliki 6 modal diatas sudah selayaknya memiliki kantor sebagai re-presentatif  usahanya. Memiliki kantor menjadi urutan terakhir dalam memulai usaha. Sebelum usaha dapat membiayai seluruh operasional usaha secara baik, tidak ada salahnya memulai kantor yang sesuai dengan budget minimalis.

Semoga penjelasan diatas tadi dapat menginspirasi dan memotivasi Sobat Sukses agar tidak ragu lagi dalam memulai usaha yang diidam-idamkannya. (yus)