HNISukses.com – Tifus adalah penyakit infeksi bakterial akut yang disebabkan oleh kuman Salmonella Typhi. Di Indonesia, penderita tifus atau disebut juga demam tifoid cukup banyak tersebar di mana-mana dan ditemukan hampir sepanjang tahun. Paling sering diderita oleh anak berumur 5 sampai 9 tahun. Kurangnya pemeliharaan kebersihan merupakan penyebab paling sering timbulnya penyakit tifus. Pola makan yang tidak teratur dan menyantap makanan yang kurang bersih dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini.

Penyebab Munculnya Penyakit Tifus

▪ Penyakit ini menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi kuman tifus ini.

▪ Tinja yang mengandung kuman tifus ini mencemari air untuk minum maupun untuk masak dan mencuci makanan.

▪ Dapat juga disebabkan karena makanan tersebut disajikan oleh seorang penderita tifus laten (tersembunyi) yang kurang menjaga kebersihan saat memasak.

Gejala-gejala yang sering muncul

Dalam minggu pertama keluhan dan gejala menyerupai penyakit infeksi akut pada umumnya seperti demam, sakit kepala, mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit perut, diare atau justru sembelit (sulit buang air besar) selama beberapa hari. Suhu tubuh meningkat terutama pada sore dan malam hari. Kadang-kadang peningkatan suhu tubuh tidak terlalu tinggi tetapi penderita merasakan sakit kepala yang amat sangat.

Setelah minggu kedua gejala yang timbul menjadi lebih jelas. Demam yang tinggi berlangsung terus menerus, nafas berbau tak sedap, kulit kering, rambut kering, bibir kering pecah-pecah /terkupas, lidah ditutupi selaput putih kotor, ujung dan tepinya kemerahan dan tremor. Hati atau limpa membesar timbul rasa nyeri diraba serta perut kembung. Penderita nampak sakit berat disertai gangguan kesadaran dari yang ringan seperti letak tidur pasif acuh tak acuh (apati), sampai berat (delirium, koma).

Tindakan Pertama

Bila ada yang mengalami gejala-gejala diatas sebaiknya langsung dibawa dan diperiksa ke dokter terdekat untuk didiagnosa lebih lanjut. Jika diperlukan dan disarankan untuk dirawat hendaknya mengikuti anjuran dokter terlebih dahulu. Selama perawatan, jika tidak dipermasalahkan untuk minum ramuan herbal maka sebaiknya segera konsumsi untuk mempercepat penyembuhan.

Berikut ini Herba yang disarankan untuk di konsumsi

  • SARI KURMA diminum 3X 2 sendok makan (sdm)
  • MADU MULTI/PREMIUM 3X 2 sdm
  • MAGAFIT 3X 2 kapsul
  • SPIRULINA 3X 3 kapsul
  • ANDROGRAPHIS 2X 2 kapsul